Mama adalah segalanya bagiku.

Bapa and mama : foto by : @YanesMirin.

Segala sesuatu seperti barang atau alat bisa digantikan dengan serupa barang/semirip alat tersebut. Namun namanya bapa dan mama tidak bisa menggantikan dengan berbagai macam alat atau barang, sebab manusia bukanlah sebuah alat atau barang.

Mama : Engkaulah yang terhebat didunia ini, kini kusudah dewasa dan sadar atas berbuatanku dulu, saat dulu kupernah melukai hatimu, dengat kata yang tak sewajarnya di unhkapkan oleh anak. Disaat itu engkau tak pernah membalas ataa kemarahan dan perlakuan saya saat kala itu. Engkau tersenyum dan dijadikan aku sebagai anak kandung, walaupun hatimu terluka karena berkataan-berkataan saya yang sangat tidak sewajarnya.

Engkau adalah sesosok wanita terhebat yang aku bisa temukan, tanpa engkau saya tak akan berada disini dan menulis tentangmu atas perlakuan dan berbuatan saya sekitar kurng lebih 15 tahun yang silam. Kini merindukanmu mama, aku ingin pelukan seperti dulu lagi, walaupun saya memperlakukanmu seperti seorng musuh. Tanpa bimbingan dan asuhanmu, kini kutak bisa berada ditempat yang bisa dibilang istimewa, dengan fasilitas yang lengkap. Betapa hebatnya aku bisa memilikimu, walaupun kita berbeda pulau dibelahan dunia lainpun, ingatanku dan dalam doa kita tetap bersama.

Masa depan itu adalah mama.

Segala sesuatu tanpa seorang ibu tidak ada kesuksesan atau keberhasilan, termasuk dalam nomor 1 adalah seorang ibu, karena seorang ibu telah sukses maka, yakin bahwa sayapun tetap akan sukses dalam perjuanganku, sebab dari dukungan doamu Tuhan telah sudah dikabulkan dan, pada saatnya baru akan nyatakan. Engkau mengandungku selama 9 bulan, dan engkaupun telah menderita disaat melahirkanku, sampai sudah membesarkan, kini kusadar atas perbuatanku dulu, dan sayapun meminta maaf sebesar-besarnya atas berbuatan saya dulu. Engkau tak pernah mengeluarkan sepatah kata kasar, apalagi memarahi. Karena engkau sangat paham paham atas berbuatanku dulu, bahwa suatu saat jika sudah dewasa maka akan sadar atas perbuatannya sendiri, munhkin nyata hal itu saat ini, dan engkau masa depan kesuksesan berbagai hal dengan berawal dari kesabaran.

Kesbaranmu adalah makna dari semua kesuksesan, walaupun banyak tantangan atau penderitaan yamg kau pernah alami. Dewasa ini adalah engkau berharap agar anakmu bisa sukses dalam perjuangan anaknya yang sedang berada dirantauan orang tanpa bersamaan keluarga, termasuk kamu mama. Segala perjuangan yang kau lakukan telah berhasil, dan kini engkau berharap agar anakmu bisa berhasil harapnya, namun semua keberhasilan anak terganrung kepada Tuhan, semoga Tuhan membuka jalan keluar bagiku pada tahun 2019 ini mama.

Terima kasih atas dukungan doamu mama, angou ferob nenin wanee.

Bapa…

Segala usaha dan jeripayahmu demi menghidupi dan membesarkan anakmu itu sangat aku kagum, dulu kutakpernah mendengar dan menerima nasehat darimu,dewasa ini kusadar dan menyesal atas berbuatan saya dulu, engkau tak pernah marah apalagi pukul. Saat dimana engkau marah, saat itu enkau menyendiri ditempat lain, agar tidak mwnimpulkan kemarahan, demi menjaga anakmu agar tidak terluka hati anakmu.

Kini kusadar atas hal-hal itu demi membesarkan aku dari berbagai hal, walaupun banyak tantangan dan masalah yang datang, namun engkau adalah setempok pagar yang dilindungi rumah agar tidak ada pencuri yang masuk, atau angin yang masuk dan merusak pada rumah tersebut. Dengan membagari dan melindungi hingga demi keluarga engkau memperjuangka, hingga kini kau masih memikirkan tentangku, bahwa bagaimana kabar anaku disana? Disini kubaik-baik saja papa, karena atas dukungan doamu kuselalu dilindungi oleh Tuhan.

12 tahun yang silam kutinggalkan dikampung halaman, tak pernah mendengar kabar tentangmu jauh disana, entah kau disana dengan hati yang luka, kerinduan, berbagai persoalan yang kau hadapi, namun engkau tetap bersabar dalam segala hal. Makna dari kesadaran itu engkau memberi pelajaran buatku masa depan, agar bagaimana menghadapi masa depan dengan kesabaran, seperti engkau yang menghadapi saat dulu hingga dewasa ini. Kusadar atas hal itu, dan kuyakin kedepannya akan seperti engkau lagi papa.

Kini kubelum bisa membalas atas pengorbanan dan kebaikanmu sepanajang masa, kuhanya berdoa agar kita tetap kembali beraama lagi papa. Semoga papa dan mama sehat selalu disana ya… Tuhan memberkati dan Tuhan selalu menjaga kalian disana, semog dilain waktu kita bisa berkumpul lagi seperti dulu. Jika Tuhan mengijinkan saya untuk bertemu, jika suatu saat tidak bertemu maka saya mohon maaf atas berbuatan saya, mungkin hal itu adalah yang terbaik oleh apa yang direncakan sesuai harapan Tuhn.

Tuhan Yesus selalu menjaga disana papa dan mama, semoga sehat selalu.

Angou wanee

Ternate, 23/01/2019 01:13 wit.

By :@Yampres Yando.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web Anda di WordPress.com
Mulai
%d blogger menyukai ini: